UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PAI SISWA SMP NEGERI 5 PATI MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING
Keywords:
discovery learning, Journal, dlAbstract
Belajar pada hakekatnya adalah membaca, membaca teks, membaca keadaan, membaca kondisi, membaca permasalahan, membaca pengalaman dan sekaligus mencari jalan keluar dari pengalaman dan permasalahan yang dihadapi. Membaca merupakan pilar utama dalam belajar. Guru dituntut dapat memiliki model pembelajaran yang dapat memacu semangat setiap siswa untuk secara aktif ikut terlibat dalam pengalaman belajarnya, misalnya dengan model pembelajaran penyingkapan (Disvovery Learning).
Model pembelajaran penyingkapan (discovery learning) merupakan nama lain dari pembelajaran penemuan. Sesuai dengan namanya, model ini mengarahkan siswa untuk dapat menemukan sesuatu melalui proses pembelajaran yang dilakoninya. Siswa dilatih untuk terbiasa menjadi seorang saintis (ilmuwan). Mereka tidak hanya sebagai konsumen, tetapi diharapkan pula bisa berperan aktif, bahkan sebagai pelaku dri pencipta ilmu pengetahuan.
Penyingkapan yang dimaksud berarti pula sesuatu yang sederhana, namun memiliki makna dengan kehidupan para siswa itu sendiri. Penyingkapan itu tetap berkerangka pada kompetensi-kompetensi dasar (KD) yang ada pada kurikulum.
Downloads
References
Ahmad Tafsir. 1992. Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Ahmadi, Abu dan Joko Tri Prasetya. SBM. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Allen, L. 1973. An Examination of the Ability of third Grade Children from the Science Curriculum Improfment Study to Identify Experimental Variables and to Recognize Change Science Education, 57, 19790701 200501 1 003 – 151.
Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjamin Mutu Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014. Materi Pelatihan Kurikulum 2013 Tahun Ajaran 2014/2015. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Dahar, RW., 1991. Teori-teori Belajar. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Dahlan, M.D., 1990. Model-model Mengajar. Bandung: Diponegroro.
Sugiyono, 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung Alfabeta.
Delisle, R., 1997. How to use Problem Based Learning In the Classroom. Alexandria, Virgineia USA: ASCD.
Depdikbud. 1997. Pokok-pokok Pengertian dan Pelaksanaan Kurikulum Muatan Lokal. Jakarta: Depdiknas.
Depddikbud. 2013. Permendikbud 81 A. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakrata: Depdiknas.
Deporter, Bobbi. 2010. Quantum Teaching, Mempraktikkan Quantum Learning di Ruang-ruang Kelas. Bandung: Kaifa.
Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Model-Model Pembelajaran.
Egan, Kieran. 2009. Pengajaran yang Imajinatif. Jakarta: Indeks.
Faizah, Dewi Utama. 2003. Belajar Mengajar yang Menyenangkan. Solos: Tiga Serangkai.
Given, Barbara K. 2007. Branin-Based Teaching (Terjemahan). Bandung: Kaifa.
Gulo, W. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Gramedia.
Hamalik, Oemar. 1993. Evaluasi Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Hamalik, Oemar. 2005. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Heri Gunawan. 2013. Kurikulum dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Bandung: Alfabeta.
Husen, Akhlan, dkk. 1997. Telaah Buku Kurikulum dan Buku Teks. Jakarta: Depdiknas.
Jansen, Eric. 2008. Brain-Based Learning, Pembelajaran Berbasis Kemampuan Otak. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Karim, S. , et al. 2007. “Penetapan Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah untu Meningkatkan Penguasaan Konsep Pendidikan Agama Islam serta Mengembangkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi dan Kecakapan Ilmiah”. Proposal Hibah Kompetitif UPI 2007. Bandung: Tidak diterbitkan.
Kosasih. 2014. Strategi Belajar dan Pembelajaran, Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya.
Mintowati. 2003. Panduan Penulisan Buku Ajar. Jakarta: Depdikbud.
Mulyasa, E. 2006. Kurikulum Berbasis Kompetensi: Konsep, Karakteristik, dan Implementasi. Bandung: Rosdakarys.
Nasution, S. 1988. Asa-asas Kurikulum. Bandung: Jemmars.
Nurhadi. 2004. Kurikulum 2004: Pertanyaan dan Jawaban. Jakarta: Grasindo.
Nur, M. 2011. Pembelajaran Berdasarkan Masalah. Surabaya: PSMS Unesa.
Padilla, M., Cronin. L., & Twiest, M. 1985. The Development and Validation of the Test of Basic Prosess Skills. Paper Presented at the Annual meeting of the Nasional Association for Research in Science Teaching, French Lick, IN.
Purwanto, M. Ngalim & Djeniah Alim. 2004. Metodologi Pengajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Bandung: Rosda.
Pusat Perbukuan. 2004. Pedoman Penilaian Buku Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia SD. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Pusat Perbukuan. 2005a. Pedoman Pengembangan Buku Pelajaran. Jakarta: Pendidikan Nasional.
Pusat Perbukuan. 2005b. Pedoman Penulisan Buku Pelajaran, Penjelasan Stsiswar Mutu Buku Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia.. Jakarta: Pendidikan Nasional.
Pusat Perbukuan. 2006. Pedoman Penulisan Buku Pelajaran, Pemetaan tentang Nosi dan Fungsi di dalam Bahasa Indonesia. Jakarta: Pendidikan Nasional.
Putra, Yovan P. 2008. Memori dan Pembelajaran Efektif. Bandung: Yrama Widya.
Sofyanis. 2007. Manajemen Pengembangan dan Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakrta: Depdiknas.
Sudjana, D. 1982. Model Pembelajaran Pemecahan Masalah. Bandung: Lembaga Penelitian IKIP Bandung.
Suhardjono. 2011. Pertanyaan dan Jawaban di Sekitar Penelitian Tindakan Kelas & Tindakan Sekolah. Malang: Cakrawala Indonesia.
Sujanto, Bedjo. 2007. Guru Indonesia dan Perubahan Kurukulum. Jakarta: Sagung Seto.
Sukmadinata, Nana Saudih, 1997. Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktek. Bandung: REmaja Rosdakarya.
Simardi. 2003. Panduan Pengembangan Model Buku Pelajaran Bahasa Indonesia SD Kelas 4. Jakrta: Depdiknas.
Syamsul Huda Rohmadi.2012. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam.Yogyakarta: Araska.
Syukur, Freddy Fadli. 2010. Menjadi Guru Dahsyat, Guru Memikat. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Syah, M. 1996. Psikologi Pendidikan Suatu Pendekatan Batu. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Tarigan, H. G. 1986. Telalah Buku Teks Bahasa Indonesia. Bandung: Angkasa.
Winataputra, Udin S. 1998. Materi Pokok Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Depdiknas.
Yamin, Martinis. 2011. Paradigma Baru Pembelajaran. Jambi: Gaung Persada Press.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.