NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM LIRIK TEMBANG DOLANAN LIR-ILIR
Keywords:
Lir-ilir, akidah, syari’ah, akhlakAbstract
Apresiasi Islam terhadap seni terlihat dari seringnya digunakan sebagai media dakwah, salah satunya tembang Lir-ilir. Namun, saat ini sebagian besar anak-anak belum memahami maknanya. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian untuk melihat bagaimana nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam lirik tembang Ilir Ilir.
Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan dimana dokumentasi sumber primer berupa syair lagu Lir-ilir dikaji dengan teknik analisis semiotika dengan menempatkannya sebagai sistem tanda yang harus dianalisis esensinya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa syair lagu Lir-ilir struktur batinnya mengandung tiga nilai pendidikan Islam antara lain: 1) keimanan, keyakinan bahwa Allah SWT telah memberikan fitrah (tandur), koreksi keyakinan (dodot) masyarakat terhadap animisme-dinamisme dan Hindu-Budha yang merusak fitrah ( kumitir bedhah), dan keyakinan manusia akan datangnya ajal untuk menghadap Allah SWT (seba) dalam waktu dekat (mengko sore); 2) Nilai Syariah, seruan (penekna) untuk melakukan lima rukun Islam (blimbing); 3) akhlak, saling mengingatkan dengan cara yang baik (lir-ilir) dan menaati (hiya) seruan pemimpin (cah angon) agar taat kepada agama Allah SWT (ijo royo-royo), dengan penuh cinta (penganten anyar), istiqomah atas segala godaan (lunyu), lebih banyak bertaubat (mbasuh), dan bersyukur diberi kesempatan (kalangane) mencari hidayah (rembulane); c) bertoleransi dengan mengakulturasi (dondomana) dan mengasimilasi (jlumatana) adat-istiadat dengan ajaran Islam.
Downloads
References
Asyqar, Umar Sulaiman. (2011). Ensiklopedia Kiamat: dari Sakaratul Maut higga Surga-Neraka, penerjemah: Irfan Salim, dkk.. Jakarta: Zaman
Chalil, Moenawar. (2001). Kelengkapan Tarikh Nabi Muhammad SAW Jilid 2. Jakarta: Gema Insani
Fuadhiyah, Ucik. (2011). “Simbol dan Makna Kebangsaan dalam Lirik Lagu-lagu Dolanan di Jawa Tengah dan Implementasinya dalam Dunia Pendidikan”, Lingua Jurnal Bahasa Dan Sastra. Vol. VII, No. 1
Fuadhiyah, Ucik. (2011). “Simbol dan Makna Kebangsaan dalam Lirik Lagu-lagu Dolanan di Jawa Tengah dan Implementasinya dalam Dunia Pendidikan”, Lingua Jurnal Bahasa Dan Sastra. Vol. VII, No. 1
Hadikusutrisno, Budiono. (2009). Islam Kejawen, Yogyakarta: Eule Book
Hariwijaya M.. (2013). Semiotika Jawa: Kajian Makna Falasafah Tradisi. Yogyakarta: Paradigma
Hasyim, Umar. (1978). Syetan sebagai Tertuduh dalam Masalah Sihir, Tahayul, Pedukunan dan Azimat. Surabaya: PT Bina Ilmu
Hermawan, Acep. (2013). Menjemput Hidayah. Bandung: Remaja Rosda Karya
Hitti, Philip K.. (2002). History of The Arabs: From the Earliest Times to the Present, alih bahasa R. Cecep Lukman Yasin dan Dedi Slamet Riyadi, History of The Arabs, Rev. 10. Jakarta: PT Serambi Ilmu Semesta
Lusia Selly Yunita. (2014). “Fungsi Tembang Dolanan”, Jurnal Nosi. Vol. 2, No. 5
Pangestuty, Anggit. (2014). “Perancangan Media Interatif Lagu Dolanan sebagai Media Pengenalan Kembali dengan Memberi Informasi Pesan Moral untuk siswa Sekolah Dasar”, Jurnal Desain Idea. No. 2, Vol. 12
Riffaterre, Michael. (1978). Semiotics of Poetry. Bloomington: Indiana University Press
Rosmiati, Ana. (2014). ”Teknik Stimulasi dalam Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Melalui Lirik Lagu Dolanan”, Jurnal Resital. Vol. 15, No. 1
Sobur, Alex. (2009). Analisis Teks Media: Suatu Pengantar untuk Analisis Wacana, Analisis Semiotik, dan Analisis Framing. Bandung: Remaja Rosda Karya
Sugiyono. (2009). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta
Sulianta, Fery. (2010). Cyberporn: Bisnis atau Kriminal. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Supriyadi, Dedi. (2008). Sejarah Peradaban Islam. Bandung: CV Pustaka Setia
Tilaar, H.A.R.. (1997). Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Era Globalisasi. Jakarta: PT. Grasindo
Tim Penyususn Kamus Pusat Bahasa. (2008). Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa
Bagi Penelitian dan Skripsi Komunikasi. Jakarta: Mitra Wacana Media
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Prastio
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.