UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI “MENGHINDARI MINUMAN KERAS, JUDI DAN PERTENGKARAN” SISWA KELAS VIII-H SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 4 PATI MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING PADA SEMESTER GASAL TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Keywords:
discovery learning, ptk, dlAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam Materi ”Menghindari Minuman Keras, Judi dan Pertengkaran”, 2) mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan keaktifan siswa. Penelitian dilakukan dengan tiga siklus dan masing-masing siklus terdiri atas empat tahapan, yakni: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Indikator keberhasilan ditetapkan bila minimal terdapat 75% siswa mencapai ketuntasan belajar setelah diterapkan Model Discovery Learning. Dari hasil peneltian tindakan ini diperoleh informasi bahwa ada peningkatan prestasi belajara Pendidikan Agama Islam siswa kelas VIII-H Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Pati pada Semester Gasal Tahun Pelajaran 2019/2020. Peningkatan itu ditunjukkan dengan: (1) rata-rata prestasi belajar siswa pada siklus I adalah 6,97; pada siklu siklus II adalah 7,39; dan pada siklus III adalah 8,78 (2) ketuntasan belajar siswa pada siklus I adalah 15 siswa atau 41,67%; siklus II adalah 24 siswa atau 66,67%; dan pada siklus III adalah 36 siswa atau 100%; (3) ketuntasan belajar klasikal pada siklus I adalah 41,67%; siklus II adalah 66,67%; dan pada siklus III mencapai 100,00%. Ini berarti prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa mengalami peningkatan pada setiap siklus dan sudah melampaui indikator yang telah ditentukan.. Disamping itu juga ada peningkatan aktivitas siswa selama proses pembelajaran, baik secara individu maupun secara kelompok, ini menunjukkan bahwa respon siswa kelas VIII-H Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Pati pada Semester Gasal Tahun Pelajaran 2019/2020 terhadap pelaksanaan Model Discovery Learning mencapai 83,22% menyatakan sangat setuju atau dalam kategori tinggi.
Downloads
References
Ahmad Tafsir. 1992. Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Ahmadi, Abu dan Joko Tri Prasetya. SBM. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Dahlan, M.D., 1990. Model-model Mengajar. Bandung: Diponegroro.
Egan, Kieran. 2009. Pengajaran yang Imajinatif. Jakarta: Indeks.
Faizah, Dewi Utama. 2003. Belajar Mengajar yang Menyenangkan. Solos: Tiga Serangkai.
Heri Gunawan. 2013. Kurikulum dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Bandung: Alfabeta.
Gulo, W. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Gramedia.
Hamalik, Oemar. 1993. Evaluasi Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nurhadi. 2004. Kurikulum 2004: Pertanyaan dan Jawaban. Jakarta: Grasindo.
Kosasih. 2014. Strategi Belajar dan Pembelajaran, Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya.
Mintowati. 2003. Panduan Penulisan Buku Ajar. Jakarta: Depdikbud.
Mulyasa, E. 2006. Kurikulum Berbasis Kompetensi: Konsep, Karakteristik, dan Implementasi. Bandung: Rosdakarya.
Putra, Yovan P. 2008. Memori dan Pembelajaran Efektif. Bandung: Yrama Widya.
Sofyanis. 2007. Manajemen Pengembangan dan Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakrta: Depdiknas.
Sudjana, D. 1982. Model Pembelajaran Pemecahan Masalah. Bandung: Lembaga Penelitian IKIP Bandung.
Sugiyono, 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung Alfabeta.
Suhardjono. 2011. Pertanyaan dan Jawaban di Sekitar Penelitian Tindakan Kelas & Tindakan Sekolah. Malang: Cakrawala Indonesia.
Sukmadinata, Nana Saudih, 1997. Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktek. Bandung: REmaja Rosdakarya.
Winataputra, Udin S. 1998. Materi Pokok Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Depdiknas.
Syah, M. 1996. Psikologi Pendidikan Suatu Pendekatan Batu. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Syamsul Huda Rohmadi.2012. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam.Yogyakarta: Araska.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Uswatun Khasanah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.