PERAN PENDIDIKAN ISLAM DALAM MENANGGULANGI DISINFORMASI DI ERA POST-TRUTH MELALUI LITERASI MEDIA

Authors

  • Ahmad Ridwan Fauzi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Pekanbaru
  • Doni Afrialdi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Pekanbaru
  • Herlini Puspita Sari Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Pekanbaru

Keywords:

Pendidikan Islam, Era Pos-Truth, Literasi Media

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Pendidikan Islam memiliki peran penting dalam menanggulangi disinformasi di era post-truth melalui literasi media. Dengan memahami nilai-nilai Islam yang menekankan pentingnya kebenaran, pendidikan Islam dapat membentuk individu yang kritis dan cerdas dalam menyikapi informasi. Literasi media menjadi kunci dalam membantu individu memahami, menganalisis, dan mengevaluasi informasi yang diterima, sehingga mereka dapat membedakan antara informasi yang akurat dan tidak akurat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Evanalia, S. (2022). Peran jurnalisme media sosial dalam mewujudkan demokrasi indonesia di era post truth. Jurnal Adhyasta Pemilu, 5(1), 32-43.

Puji Rianto. (2019). “LITERASI DIGITAL DAN ETIKA MEDIA SOSIAL DI ERA POST-TRUTH”, Jurnal Ilmu Komunikasi, Vol.8 No. 2, 27

Suharyanto, C. E. (2019). Analisis berita hoaks di era post-truth: sebuah review. Jurnal Masyarakat Telematika dan Informasi, 10(2), 37-49.

Yusuf, A. I. (2023). Penguatan karakter pelajar: perspektif merdeka belajar pada Era Post Truth.

Downloads

Published

2025-06-17

How to Cite

Ahmad Ridwan Fauzi, Doni Afrialdi, & Herlini Puspita Sari. (2025). PERAN PENDIDIKAN ISLAM DALAM MENANGGULANGI DISINFORMASI DI ERA POST-TRUTH MELALUI LITERASI MEDIA . DHABIT : Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 29-34. Retrieved from https://dhabit.web.id/index.php/dhabit/article/view/121