PEMANFAATAN VIDEO PEMBELAJARAN PADA MATERI ASMAUL HUSNA DI SMP NEGERI 3 BUMIJAWA

Authors

  • Khapid SMP Negeri 3 Bumijawa Kabupaten Tegal Provinsi JawaTengah

Keywords:

Video pembelajaran, Asmaul Husna, Pendidikan Agama Islam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pemanfaatan video pembelajaran dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) pada materi Asmaul Husna, khususnya pada empat Asmaul Husna (nama Allah SWT) yaitu Al-‘Al?m, Al-Khab?r, As-Sam?‘, dan Al-Ba??r, di kelas VII F SMP Negeri 3 Bumijawa Tahun Pelajaran 2024/2025.  Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi terhadap aktivitas pembelajaran, wawancara dengan guru dan siswa, serta dokumentasi terkait kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan video pembelajaran memberikan dampak positif terhadap pemahaman konsep Asmaul Husna. Video pembelajaran mampu menyajikan materi secara menarik dan kontekstual, yang memudahkan siswa dalam memahami makna dan implementasi sifat-sifat Allah dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, media video juga terbukti dapat meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa, serta menumbuhkan sikap religius seperti rasa ingin tahu terhadap kebesaran Allah, kejujuran, dan rasa syukur. Pengalaman belajar yang melibatkan unsur visual dan auditori melalui video memberikan stimulus yang kuat bagi siswa dalam menginternalisasi nilai-nilai keislaman. Dengan demikian, video pembelajaran dapat menjadi alternatif media yang efektif dalam mendukung pembelajaran PAI yang bermakna dan menyenangkan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arsyad, Azhar. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Aziz, A. (2021). Pemanfaatan Media Video dalam Pembelajaran PAI di Masa Pandemi. Jurnal Edukasi Islami, 9 (1), 34-45.

Mayer, R. E. (2009). Multimedia Learning. New York: Cambridge University Press.

Nata, Abuddin. (2012). Akhlak Tasawuf. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Rahmawati, I. (2020). Strategi Guru dalam Menanamkan Nilai Asmaul Husna kepada Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam, 7(2), 88-96.

Sadirman, A. M. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Uno, Hamzah B. (2011). Model Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2025-06-17

How to Cite

Khapid. (2025). PEMANFAATAN VIDEO PEMBELAJARAN PADA MATERI ASMAUL HUSNA DI SMP NEGERI 3 BUMIJAWA. DHABIT : Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 9-15. Retrieved from https://dhabit.web.id/index.php/dhabit/article/view/119