PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PRODUK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS XI DI SMA NEGERI 1 CILACAP

Authors

  • Ahmad Rifa’i SMA Negeri 1 Cilacap, Jawa Tengah

Keywords:

Pembelajaran Berdiferensiasi, Produk Pendidikan Agama Islam

Abstract

Pembelajaran diferensiasi menjadi penting karena di dalam penerapannya mengakui perbedaan individual siswa dan memberikan pengalaman belajar yang sesuai dengan kebutuhan dan minat mereka. Penerapan pembelajaran diferensiasi produk pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas XI materi Dakwah, Khutbah, dan Tablig di SMA Negeri 1 Cilacap dilakukan melalui beberapa langkah-lagkah praktis yaitu memahami capaian pembelajaran, merumuskan tujuan pembelajaran, menyusun alur tujuan pembelajaran, merancang modul ajar. melakukan kegiatan pembelajaran, dan diakhiri dengan refleksi kegiatan pembelajaran. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini bahwa pembelajaran diferensiasi produk pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas XI materi Dakwah, Khutbah, dan Tablig di SMA Negeri 1 Cilacap meliputi dakwah melalui ceramah, dakwah melalui lagu dan alat musik, dakwah melalui saripati lantunan ayat al-Qur’an, dakwah melalui acara talkshow, dan dakwah melalui pantun.  Sedangkan dampak yang dihasilkan dari Penerapan pembelajaran diferensiasi produk pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas XI materi Dakwah, Khutbah, dan Tablig di SMA Negeri 1 Cilacap yaitu (1) siswa dapat mengekspresikan berdasarkan minatnya, (2) pembelajaran menjadi lebih menyenangkan, (3) memunculkan kreativitas para siswa, (4) menjadikan pembelajaran lebih berkesan, dan (5) meningkatkan peran aktif para siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Khristiani. Heni.dkk. (2021). Model Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi (Differentiated Instruction), Jakarta: Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kemendikbudristek

Anggraena, Yogi., dkk. (2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah. Jakarta: Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kemendikbudristek

Solihin, Lukman. dkk. (2022). Risalah Kebijakan. Jakarta: Pusat Standar dan Kebijakan Pendidikan, Kemendikbudristek

Downloads

Published

2024-12-25

How to Cite

Ahmad Rifa’i. (2024). PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PRODUK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS XI DI SMA NEGERI 1 CILACAP. DHABIT : Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 222-233. Retrieved from https://dhabit.web.id/index.php/dhabit/article/view/109