PENINGKATAN HASIL BELAJAR PAI MELALUI TGT PADA SISWA KELAS VIII SMP ISLAM SUNAN GIRI

Authors

  • Novi Tazkiyatun Nihayah SMP Islam Sunan Giri Salatiga

Keywords:

PTK, TGT, agama

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik menggunakan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) pada peserta didik kelas VIII B SMP Islam Sunan Giri Salatiga tahun pelajaran 2024/ 2025 pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan melibatkan 30 siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis & Taggart, di mana guru sebagai pelaksana pembelajaran sekaligus peneliti. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Data dianalisis secara deskriptif dan disajikan dalam bentuk tabel dan grafik. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik, yaitu pada siklus I rata-rata nilainya 75 (kategori baik), kemudian pada siklus II meningkat menjadi 80,5 (kategori sangat baik). Hal ini berarti terjadi peningkatan sebesar 5,5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran team games tournament dalam mata pelajaran PAI dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII B SMP Islam Sunan Giri Salatiga.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cannavaro, M. N., Rahmatika, G. R., Khoirunnisa, C. H., & Susilo, B. E. (2024). Kajian Teori Keefektifan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Menggunakan Pendekatan Kognitif. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 7, 847–851. https://proceeding.unnes.ac.id/prisma

Haerani, A., Apriliani, C., & Nasrullah, Y. (2023). Urgensi Kebersihan Lingkungan Sekolah Dalam Perspektif Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 75. https://doi.org/10.52434/jpai.v1i2.2719

Majid, A. dan D. A. (2006). Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi. PT Remaja Rosdakarya Offset.

Mu’alimin, dan R. A. H. C. (2016). Penelitian Tindakan Kelas Teori dan Praktik. Indokarya Press.

Rosihin. (2021). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament pada Mata Pelajaran PAI. 16(1), 29–34. https://doi.org/10.31603/paedagogie.v16i1.4952

Rozinah, A., & Sa’diyah, H. (2022). Peran Santri dalam Menjaga Kebersihan Lingkungan Hidup di Pondok Pesantren Annuqayah Latee I Pada Masa Pandemi. Jurnal Penelitian, 15(2), 347. https://doi.org/10.21043/jp.v15i2.12458

Silberman, M. L. (2006). Active learning: 101 cara belajar siswa aktif. Nuansa. http://kin.perpusnas.go.id/DisplayData.aspx?pId=30497&pRegionCode=JIUNMAL&pClientId=111

Downloads

Published

2024-12-25

How to Cite

Novi Tazkiyatun Nihayah. (2024). PENINGKATAN HASIL BELAJAR PAI MELALUI TGT PADA SISWA KELAS VIII SMP ISLAM SUNAN GIRI. DHABIT : Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 215-221. Retrieved from https://dhabit.web.id/index.php/dhabit/article/view/108