PEMIKIRAN FILSAFAT PENDIDIKAN IBNU KHALDUN
Keywords:
Pendidikan, Perspektif, Ibnu KhaldunAbstract
Ibnu Khaldun merupakan salah satu pemikir Islam yang mempunyai pengaruh besar terhadap perkembangan ilmu pengetahuan. Ibnu Khaldun paling dikenal sebagai sejarawan dan pakar sosial. Sebagaimana tertuang dalam karya ``Muqoddimah'', gagasan pendidikan bukan hanya sekedar konsep yang berkaitan dengan pendidikan, tetapi juga merupakan hasil pemikiran Ibnu Khaldun yang menekankan pada pendidikan. Pandangan Ibnu Khaldun mengenai pendidikan didasarkan pada konsep dan pendekatan filosofis dan empiris. Melalui pendekatan ini, ia mengemukakan visi pendidikan Islam yang ideal dan praktis Berdasarkan hasil penelitian literatur yang dilakukan, Ibnu Khaldun merupakan seorang tokoh besar dunia Islam dan mampu memberikan kontribusi yang signifikan bagi komunitas ilmiah dunia.Pemikiran Ibnu Khaldun sebenarnya tidak bisa dilepaskan dari landasan pemikiran Islam. Ibnu Khaldun meyakini bahwa pendidikan merupakan hakikat keberadaan manusia. Ibnu Khaldun berpendapat bahwa tujuan pendidikan adalah mewujudkan masyarakat yang berbudaya dan memelihara kelangsungan hidup masyarakat yang sedang sekarat. Pandangan Ibnu Khaldun mengenai pendidikan didasarkan pada konsep dan pendekatan filosofis dan empiris. Melalui pendekatan ini, ia mengemukakan visi pendidikan Islam yang ideal dan praktis. Menurut Ibnu Khaldun, tantangan pendidikan adalah mampu mewujudkan masyarakat yang berbudaya dan menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas yang mampu memperjuangkan kelangsungan hidup dan kemajuan masyarakat di masa depan.
Downloads
References
AL Manaf, (2020),“Pemikiran Ibnu Khaldun Tentang Pendidikan Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Dunia,” As-Salam: Jurnal Studi Hukum Islam & Pendidikan.
Enan, (2013) Biografi Ibnu Khaldun, terj. Machnun Husein, Jakarta: Zaman.
Khaldun,(2010), Muqaddimah, terj. Masturi Irham, Jakarta: Pustaka Al- Ibnu Kautsar.
Abdul Mu’ti Muhammad Ali,(2010), Filsafat Politik Antara Barat dan Islam, terj. RosihinAnwar, Bandung: Pustaka Setia.
Abu Muhammad Iqbal,(2015), Pemikiran Pendidikan Islam, yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Zaid Ahmad,(2003), The Epistemology of Ibn Khaldun, London: Routledge Curzon.
Komarudin,(2022), PENDIDIKAN PERSPEKTIF IBNU KHALDUN, PANDAWA : Jurnal Pendidikan dan Dakwah, Volume 4, Nomor 1, Januari 23-41.
Dahlan Malik,(2007), Pemikiran Politik Ibnu Khaldun, Jakarta: Thaha Press.
Hasan Basri,(2009), Filsafat Pendidikan Islam, Bandung: Pustaka Setia Bandung.
Muhammad Jawwad Ridla, Mahmud Arif, Zainul Abas, Lukman Fauroni, (2002), Tiga Aliran Utama Teori Pendidikan Islam, Prespektif Sosiologis-Filosofis, Yogyakarta, TiaraWacana.
Firdaus Syam, (2010), Pemikiran Politik Barat: Sejarah, Filsafat, Ideologi, dan Pengaruhnya Terhadap Dunia Ke-3, Ed. 1, Cet. 2 ,Jakarta: Bumi Aksar
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.