PEMIKIRAN FILSAFAT PENDIDIKAN IBNU KHALDUN

Authors

  • Mukharomah Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Hilwa Nurul Fikriyah Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Fatimah Azzahra Salim b Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Herlini Puspika Sari Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Keywords:

Pendidikan, Perspektif, Ibnu Khaldun

Abstract

Ibnu Khaldun merupakan salah satu pemikir Islam yang mempunyai pengaruh  besar terhadap perkembangan ilmu pengetahuan. Ibnu Khaldun paling dikenal sebagai sejarawan dan pakar sosial. Sebagaimana tertuang dalam karya ``Muqoddimah'', gagasan pendidikan bukan hanya sekedar konsep yang berkaitan dengan pendidikan, tetapi juga merupakan hasil pemikiran Ibnu Khaldun yang menekankan pada pendidikan. Pandangan Ibnu Khaldun mengenai pendidikan didasarkan pada konsep dan pendekatan filosofis dan empiris. Melalui pendekatan ini, ia mengemukakan visi  pendidikan Islam yang ideal dan praktis Berdasarkan hasil penelitian literatur yang dilakukan, Ibnu Khaldun merupakan seorang tokoh besar dunia Islam dan mampu memberikan kontribusi yang signifikan bagi komunitas ilmiah dunia.Pemikiran Ibnu Khaldun sebenarnya tidak bisa dilepaskan dari landasan pemikiran Islam. Ibnu Khaldun meyakini bahwa pendidikan merupakan hakikat keberadaan manusia. Ibnu Khaldun berpendapat bahwa tujuan pendidikan adalah mewujudkan masyarakat yang berbudaya dan memelihara kelangsungan hidup masyarakat yang sedang sekarat. Pandangan Ibnu Khaldun mengenai pendidikan didasarkan pada konsep dan pendekatan filosofis dan empiris. Melalui pendekatan ini, ia mengemukakan visi pendidikan Islam yang ideal dan praktis. Menurut Ibnu Khaldun, tantangan pendidikan  adalah mampu mewujudkan masyarakat yang berbudaya dan menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas yang mampu memperjuangkan kelangsungan hidup dan kemajuan masyarakat di masa depan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

AL Manaf, (2020),“Pemikiran Ibnu Khaldun Tentang Pendidikan Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Dunia,” As-Salam: Jurnal Studi Hukum Islam & Pendidikan.

Enan, (2013) Biografi Ibnu Khaldun, terj. Machnun Husein, Jakarta: Zaman.

Khaldun,(2010), Muqaddimah, terj. Masturi Irham, Jakarta: Pustaka Al- Ibnu Kautsar.

Abdul Mu’ti Muhammad Ali,(2010), Filsafat Politik Antara Barat dan Islam, terj. RosihinAnwar, Bandung: Pustaka Setia.

Abu Muhammad Iqbal,(2015), Pemikiran Pendidikan Islam, yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Zaid Ahmad,(2003), The Epistemology of Ibn Khaldun, London: Routledge Curzon.

Komarudin,(2022), PENDIDIKAN PERSPEKTIF IBNU KHALDUN, PANDAWA : Jurnal Pendidikan dan Dakwah, Volume 4, Nomor 1, Januari 23-41.

Dahlan Malik,(2007), Pemikiran Politik Ibnu Khaldun, Jakarta: Thaha Press.

Hasan Basri,(2009), Filsafat Pendidikan Islam, Bandung: Pustaka Setia Bandung.

Muhammad Jawwad Ridla, Mahmud Arif, Zainul Abas, Lukman Fauroni, (2002), Tiga Aliran Utama Teori Pendidikan Islam, Prespektif Sosiologis-Filosofis, Yogyakarta, TiaraWacana.

Firdaus Syam, (2010), Pemikiran Politik Barat: Sejarah, Filsafat, Ideologi, dan Pengaruhnya Terhadap Dunia Ke-3, Ed. 1, Cet. 2 ,Jakarta: Bumi Aksar

Downloads

Published

2024-12-25

How to Cite

Mukharomah, Hilwa Nurul Fikriyah, Fatimah Azzahra Salim b, & Herlini Puspika Sari. (2024). PEMIKIRAN FILSAFAT PENDIDIKAN IBNU KHALDUN. DHABIT : Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 193-206. Retrieved from https://dhabit.web.id/index.php/dhabit/article/view/106