STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN KEDISIPLINAN BERIBADAH SALAT 5 WAKTU BERJAMA’AH

Authors

  • Hanipin Institut Ahmad Dahlan Probolinggo Jawa Timur

Keywords:

Strategi guru PAI, Kedisiplinan, Salat 5 Waktu

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana peranan bimbingan salat 5 waktu Guru Pendididkan Agama Islam Terhadap Kedisiplinan Beribadah seperti salat 5 waktu sehari semalam. Metode yang di gunakan adalah Kualitatif, yang itu kombinasi pengamatan lapangan dengan kualifikasi data. Peneliti menggambarkan mengenai status suatu pendekatan kualitatif dan kemudian di lakukan interprestasi dan penjabaran data dari informasi lapangan yang di dapatkan. Teknik pengunpulan data yang di gunakan adalah observasi, wawancara, dan studi komonikasi. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa pengetahuan siswa mengenai pembelajaran fikih yang di ajarkan oleh guru pendidikan agama Islam mampu memberikan dorongan dalam melaksanakan ibadah terutama salat 5 waktu sehari semalam, hal ini juga di dukung dengan strategi atau metode yang beragam yang di gunakan oleh guru pendidikan agama Islam. Namun adanya ini perlu adanya bimbingan dan motivasi/semangat serta arahan dari guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan salat 5 waktu pada peserta didik, agar peserta didik mampu melaksanakan salat 5 waktu dalam sehari semalam tanpa adannya perasaan malas. hal ini bisa dilihat dari hasil data buku mintoring atau buku penghubung atara guru dan orang tua.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Azhim bin Badawi Al-Khalafi. (2005). Panduan Fiqh Lengkap. Bogor: Pustaka Ibnu Katsir.

Ashari, & Zakariyah. (2024). Peran Kepala Madrasah Sebagai Educator Untuk Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Di Mbi Amanatul Ummah Pacet Mojokerto. Indonesian Journal of Islamic and Social Science, 2(1), 1–15.

M. Jamaluddin Mahfuzh. (2009). Psikologi Anak dan Remaja Muslim. Jakarta Timur: Pustaka Al-Kautsar.

Nur Uhbiyati. (1999). Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia.

Tulus Tu’u. (2004). Peran Disiplin Pada Prilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Grasindo.

Downloads

Published

2024-12-25

How to Cite

Hanipin. (2024). STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN KEDISIPLINAN BERIBADAH SALAT 5 WAKTU BERJAMA’AH. DHABIT : Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 176-184. Retrieved from https://dhabit.web.id/index.php/dhabit/article/view/104