PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (VCT) DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 PACET

Authors

  • Risa Nur Sa’adah Institut Pesantren KH Abdul Chalim Mojokerto Jawa Timur
  • Hasyim Asy’ari Institut Pesantren KH Abdul Chalim Mojokerto Jawa Timur

Keywords:

VCT, Bahan Ajar, Penelitian dan Pengembangan

Abstract

Penanaman karakter serta budi pekerti memalui pengamalan nilia-nilai yang terkandung dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam perlu untuk dilakukan. Dalam rangka untuk membentuk karakter peserta didik menjadi decision maker, model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) bisa dikatakan dapat menjadi salah satu alternatif dalam menjawab tantangan dunia pendidikan saat ini. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah keefektifan dalam pengembangan bahan ajar pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis Value Clarification Technique (VCT). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Development Research) dengan model ADDIE, dengan menggunakan uji validasi materi, desain dan bahasa serta eksperimen dengan pre-test dan post-test. Kemudian untuk mengetahui tingkat keefektifannya adalah dengan Uji-T. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa dengan pengembangan buku ajar yang telah disusun, proses belajar mengajar memiliki efektifitas dan efisiensi didalam peningkatan dalam pembelajaran PAI. Dengan nilai t-hitung 5.493876333 > t-tabel 2.048407142 dengan taraf kepercayaan 99%. Artinya ada perbedaan yang signifikan antara nilai akhir dengan nilai awal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andi Prastowo. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: DivaPress.

Budiono Saputro. (2017). Manajemen Penelitian Pengembanga (Research & Development Bagi Penyusun Tesis Dan Disertasi. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Media, K. C. (2019, November 25). Hari Guru, Sosok Guru di Mata Mendikbud: Dari Anies hingga Muhadjir. Diambil 18 Desember 2024, dari KOMPAS.com website: https://edukasi.kompas.com/read/2019/11/25/14262261/hari-guru-sosok-guru-di-mata-mendikbud-dari-anies-hingga-muhadjir

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development. Bandung: Alfabeta.

Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2013). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR METODE PENELITIAN PENDIDIKAN DENGAN ADDIE MODEL. Jurnal IKA, 11(1). https://doi.org/10.23887/ika.v11i1.1145 Vadidasi Tahap Pertama. (2020).

Wina Sanjaya. (2011). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.

Downloads

Published

2024-12-25

How to Cite

Risa Nur Sa’adah, & Hasyim Asy’ari. (2024). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (VCT) DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 PACET. DHABIT : Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 165-175. Retrieved from https://dhabit.web.id/index.php/dhabit/article/view/103