IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AKHLAQ MELALUI KITAB AKHLAQ LIL BANIN PADA SANTRI MADRASAH DINIYAH DARUS SHOBIY PENUMPAAN DESA SEMAMBUNG KEC. JABON KAB. SIDOARJO

Authors

  • Abdul Manaf Universitas KH Abdul Chalim Mojokerto Jawa Timur
  • Imam Syafi’i Universitas KH Abdul Chalim Mojokerto Jawa Timur

Keywords:

Pembelajaran kitab akhlaq lil banin, Akhlaq santri

Abstract

Akhlak memegang peranan yang penting dalam kehidupan manusia, dengan akhlak manusia dalam kehidupannya dapat menuju kearah martabat yang tinggi, baik di hadapan Allah SWT dan manusia. Selaras dengan tujuan pendidikan islam yaitu untuk mewujudkan manusia seutuhnya, sedangkan tujuan pendidikan agama islam adalah membimbing akhlak agar mereka menjadi muslim sejati, yang salah satunya melalui Lembaga non formal yakni madrasah diniyah melalui kitab akhlaq lil banin yang dikarang oleh Syaikh Ahmad Umar Baraja. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana implementasi pembelajaran akhlaq melalui kitab Akhlaq Lil Banin pada santri madrasah diniyah Darus Shobiy Penumpaan Desa Semambung Kec. Jabon Kab. Sidoarjo?, 2) Apa kontribusi pembelajaran kitab Akhlaq Lil Banin dalam membentuk akhlaq santri madrasah diniyah darus Shobiy Penumpaan Desa Semambung kec. Jabon kab. Sidoarjo?. Hasil Penelitian menunjukan bahwa 1) Implementasi Pembelajaran akhlaq melalui  Kitab Akhlaq Lil Banin pada santri madrasah Diniyah Darus Shobiy dibangun melalui pembelajaran yang saling mempengaruhi antara kemauan dari dalam diri peserta didik itu sendiri untuk bertingkah laku yang baik dengan linkungan belajar yang ada di sekitarnya. 2) Kontribusi Pembelajaran Kitab Akhlaq Lil Banin Dalam Membentuk Akhlak santri Madrasah diniyah Darus Shobiy Dalam Membentuk Akhlak Siswa Kepada Guru dikembangkan melalui pendekatan habitualisasi humanistik integratif yaitu pembiasaan melakukan nilai-nilai kemanusiaan yang terintegrasi dalam kegiatan sehari-hari.

Downloads

Download data is not yet available.

References

( Q.S Al – Fajr : 27 – 30 )

( Q.S Al-Anbiya’:107)

(Q.S Al- Ahzab:21)

Abdul, Ali,. Halim Mahmud, 2006. Akhlak Mulia. Jakarta: Gema Insani Press.

As’ad, Ali. 2008. Bimbingan Bagi Penuntut Ilmu Pengetahuan (terjemah Ta’lim Muta’alim),(Thaifuri, Muhammadun. Pedoman Belajar Bagi Penuntut Ilmu Secara Islami (Terjemahan Ta?lim Muta?allim). Surabaya: Menara Suci.

Asmaran, 1992. Pengantar Studi Akhlak. Jakarta: Rajawali Pers.

Lexy J. Moleong. 2008. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

M.Yatimin Abdullah. 2007. Studi Akhlak dalam Persepektif Al-Qur’an. Jakarta: Amzah.

Madrasah Diniyah Darus Shobiy, “alokasi waktu Kelas III”, 28 Juli 2024.

Mohammad, Omar. 2016. Falsafah Pendidikan Islam. Jakarta: Bulan Bintang.

Santriyo, di wawancara oleh penulis, Madrasah Diniyah Darus Shobiy, 31 Juli 2024.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Cet. 16. Bandung : Alfabeta.

Suryasubrata, Sumadi. 1998. Metode Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Syarbini, Amirulloh. 2014. Model Pendidikan Karakter Dalam Keluarga Jakarta: PT. Gramedia

Wawancara dan Observasi

Observasi di Madrasah Diniyah Darus Shobiy, 30 Juli 2024.

Hasil Observasi hari Senin Tanggal 11 Desember 2023 pukul : 18:30

Santriyo, wawancara, Madrasah Diniyah Darus Shobiy Sidoarjo, 28 Juli 2024

Santriyo,Wawancara, Madrasah Diniyah Darus Shobiy Sidoarjo, 31 Juli 2024

Wiwik Widiastutik, wawancara, Madrasah Diniyah Darus Shobiy Sidoarjo, 28 Juli 2024

Wiwik Widiastutik, Wawancara, Madrasah Diniyah Darus Shobiy Sidoarjo, 31 Juli 2024

Downloads

Published

2024-12-25

How to Cite

Abdul Manaf, & Imam Syafi’i. (2024). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AKHLAQ MELALUI KITAB AKHLAQ LIL BANIN PADA SANTRI MADRASAH DINIYAH DARUS SHOBIY PENUMPAAN DESA SEMAMBUNG KEC. JABON KAB. SIDOARJO. DHABIT : Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 150-164. Retrieved from https://dhabit.web.id/index.php/dhabit/article/view/102